Puskesmas SawahLega Diresmikan

BANDUNG – Mediagaruda.Co.Id – Dalam acara peresmian Puskesmas Sawahlega Desa Nagrog kecamatan Cicalengka yang diresmikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Kamis (1/3/2018).

Dalam kesempatan tersebut Kadinkes Kabupaten Bandung Achmad Kustiadji mengatakan, ” keberadaan bangunan Puskesmas Sawahlega sudah milik pemda Kabupaten Bandung, begitu pula dengan tanah untuk perluasannya. “Puskesmas ini dibangun berada di lahan milik pemda, kedepannya akan ada perluasan,” ungkapnya.

Terkait hal itu lanjut Achmad, untuk fasilitas sarana prasarana infrastruktur dan lainnya sudah disiapkan anggaran di tahun ini, bahkan pagunya sudah dianggarkan, katanya

Ia menambahkan rencana
pada tahun ini puskesmas akan diperluas sehingga pembangunannya menuju akses jalan provinsi, anggaran pagu ditahun ini sudah disiapkan sekisar Rp 600 juta,” tegasnya.

Sementara itu Kepala UPTD Yankes Kecamatan Cicalengka Dr. Endang Noor Fakhriya mengatakan, Puskesmas Sawahlega dengan menempati gedung bariharapkan pelayanan Puskesmas Sawahlega dapat meningkatkan kwalitas pelayanan sehingga Warga Masyrakat mendapat kepuasan.

Menurut hasil penilaian data, puskesmas Sawahlega pernah masuk penilaian pelayanan tingkat nasional, padahal dulu pelayanan hanya di lokasi dan tempat tidak seperti gedung baru yang hari ini diresmikan.oleh karena itu dengan gedung baru ini, harus ada peningkatan SDM, SDM yang meningkat akan memunculkan pelayanan kesehatan yang positif bagi masyarakat. “Dengan infrastruktur gedung yang baru diharapkan dapat meningkatkan kinerja sumber daya manusianya,” ungkap Endang.

Endang mengutarakan, beberapa masalah yang menjadi permasalahan kesehetan di kecamatan Cicalengka terletak pada pengetahuan masyarakat pada administrasi layanan kesehatan.

Menurut Endang, “Hari ini di Cicalengka masih banyak masyarakat yang belum punya identitas, dan tidak mengurus administrasi jaminan kesehatan. Makanya, apabila mereka berobat baru mengurusnya biasanya telat dan terjadi kematian,”tuturnya.

Camat Cicalengka, H. Entang Kurnia, Puskesmas sawahlega merupakan asset kecamatan Cicalengka diharapkan dapat menjadi tempat pelayanan dasar kesehatan masyarakat, yang akan meningkatkan IPM kecamatan Cicalengka melalui sektor dibidang kesehatan.

“Peningkatan IPM, lanjut H entang Kurnia, salah satunya adalah dibidang kesehatan, Alhamdulillah sudah terwujud Puskesmas Sawahlega berkat sinergitas muspika dan stakeholder dinas di pemerintahan kabupaten.” Paparnya .(MG/09)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. 75 Ribu Anak Nigeria Terancam Mati Kelaparan
  2. Samakan Visi Kerja Bersama, TP PKK Jabar Gelar Rakor 
  3. Kemenko PMK: Anak Pandai itu Yang Bermanfaat Bagi Orang Banyak
  4. Archandra: Presiden Instruksikan Jamin Pasokan dan Harga Premium
  5. Kejahatan Cyber Meningkat Drastis, Menjadi Tantangan Baru
<