Istri Ridwan Kamil Dorong Daerah Lain Punya Destinasi Wisata Seperti Batik Trusmi

Cirebon, MediaGaruda.Co.Id – Istri calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya, memuji batik Cirebon yang sudah terkenal hingga penjuru Nusantara dan mancanegara. Menurut Atalia, batik Trusmi sangat luar biasa karena dalam waktu singkat mampu menjadi destinasi di Cirebon.

“Semua wisatawan yang datang ke Cirebon pasti akan menyempatkan waktu untuk berbelanja di batik Trusmi,” kata Atalia saat mengunjungi Cirebon, Jumat (23/2).

Saat kunjungan itu, Atalia langsung bertemu dengan Sally Giovanny pemilik batik Trusmi. Sally menceritakan kepada Atalia tentang kesuksesannya mengelola batik Trusmi, mulai dari cerita merintis dari nol hingga menceritakan jumlah karyawannya yang kini lebih dari 1.000 orang.

Atalia juga menambahkan, ikon Cirebon juga saat ini tak lepas dari batik Trusmi. “Sehingga Trusmi tak hanya menjadi wisata belanja namun sudah menjadi identitas kebanggaan Kota Cirebon dan Propinsi Jawa Barat. Tentu potensi dan aset berharga ini selayaknya mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat maupun daerah agar dapat semakin berkembang,” lanjutnya.

Ia juga menilai, batik Trusmi menjadi model perpaduan antara cultural value dengan commercial value, di mana nilai-nilai budaya dan komersial dapat berjalan bersamaan, dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Saya berharap kesuksesan batik Trusmi ini dapat dikembangkan di seluruh kabupaten kota di Jawa Barat, tentu disesuaikan dengan potensinya masing-masing. Dengan dukungan dari pemerintah pusat maupun daerah serta pihak lainnya, saya optimis pariwisata Jawa Barat dapat tumbuh lebih pesat,” jelasnya.

Ia juga berjanji, akan membantu menembangkan potensi-potensi daerah lain di Jawa Barat agar bisa bersaing secara ekonomi dan wisata. Selain mengunjungi berbincang dengan pemilik batik Trusmi, Atalia juga menyempatkan berbelanja di tempat tersebut. (*)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Buruh Karawang Bakal Dapat Pelayanan KB Secara Khusus
  2. KPK Nyatakan Kasus Dugaan Korupsi Sumber Waras Masih Proses Penyelidikan
  3. Selain Palangka Raya, Gubernur Kalteng Siapkan 2 Kota Lain Jadi Pengganti Ibu Kota Negara
  4. Pilkada Serentak Sasaran Antara, DPD Projo Jabar Rapatkan Barisan
  5. Ini Perpres No. 74 Tahun 2017 tentang ‘Road Map E-Commerce’ Tahun 2017–2019 
<