Kemenko PMK Berharap Diskriminasi Gender Segera Diakhiri

JAKARTA,MediaGaruda.Co.Id  – Negara menjamin persamaan hak dan kedudukan setiap warga negaranya, baik laki-laki maupun perempuan. Namun nyatanya, masih tampak berbagai bentuk ketimpangan gender di berbagai bidang.

Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko PMK, Sujatmiko mengatakan guna mencapai kesetaraan gender, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga (K/L) terkait percepatan pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG).

Sujatmiko mengaku kendati diskriminasi gender sudah semakin berkurang, namun masih tetap ada. “Ini yang kita terus koordinasikan dengan K/L khusunya mengenai percepatan pangarusutamaan gender,” ujarnya.

Saat memimpin rakor  tentang PUG pekan lalu, Sujatmiko, juga mengingatkan bahwa kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan serta pengarusutamaan gender, masuk pada 10 prioritas nasional di tahun 2017. Anggaran Responsif Gender sendiri, menurut penuturan perwakilan Kementerian Keuangan, sudah masuk dalam penandaan anggaran (budget tagging) tahun anggaran 2018.

Seperti diberirakan, Sidang Umum PBB ke-71 di New York, September lalu, menunjuk Presiden Joko Widodo sebagai duta program PBB bertajuk “He for She” untuk mendorong negara-negara memperjuangkan kesetaraan gender. Indonesia dinilai mampu meningkatkan peran serta perempuan di kancah politik.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk perempuan sekitar 126,8 juta jiwa dan laki-laki sekitar 128,1 juta jiwa pada 2015. Selama dua dasawarsa terakhir, persentase kontribusi perempuan usia 15 tahun ke atas di bidang ekonomi meningkat dari 41,29 persen pada 2005 menjadi 45,76 persen pada 2015. Namun tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan belum mencapai 50 persen.

Tingkat keterlibatan perempuan di parlemen juga masih berada di kisaran 17,32 persen dari total kursi di legislatif pusat dan daerah.

“Dari seluruh data ini, faktanya, ada sumber daya perempuan yang belum termanfaatkan, walaupun kuantitasnya terus berkurabg. Sekarang ini tengah dipikirkan semua cara koordinasi agar seluruh hambatan bisa diatasi,” ucap Sujatmiko. (zam)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Artikel Lainnya :

  1. Timnas Garuda Akan Berlaga di Vietnam, Presiden Jokowi Telepon Ketum PSSI
  2. Sejarah Terbaginya Bandung dan Wacana Kab. Bandung Timur
  3. Informasi Baru Tentang Aztec, Menara Tengkorak Manusia di Meksiko
  4. Kosta Rika Akan Buka Kedutaan Besarnya di Jakarta
  5. 9 Negara Ikuti Workshop Produksi Vaksin Negara Islam 
<