Sail Sabang Harus Jadi Awal Kebangkitan Ekonomi Aceh

SABANG,  MediaGaruda.Co.Id – Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin, Lc, MH, menyebutkan penyelenggaraan Sail Sabang 2017 menjadi titik awal kebangkitan ekonomi masyarakat Aceh. Menurutnya kesempatan Sail Sabang harus dimanfaatkan oleh semua pihak untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Aceh.

“Acara Internasional sekelas Sail Sabang menjadi ajang promosi bagi semua peluang investasi dan wisata di Aceh,” sebutnya.

Mulyadi Nurdin menambahkan bahwa dengan banyaknya tamu yang datang ke Aceh semakin meyakinkan semua pihak bahwa Aceh aman dan kondusif untuk investasi dan wisata.  “Gubernur Irwandi Yusuf selalu menyampaikan kepada dunia bahwa Aceh aman untuk investasi, dengan adanya acara ini tamu dari luar bisa melihat langsung bahwa Aceh sangat aman dan nyaman untuk dikunjungi,” jelas Mulyadi Nurdin.

Oleh karena itu Sail Sabang diharapkan tidak hanya menjadi sarana untuk mempromosikan wisata Sabang semata, akan tetapi juga mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat serta pembangunan Aceh secara keseluruhan. “Masyarakat Aceh sudah siap menyukseskan even-even nasional bahkan internasional, memuliakan tamu-tamu yang datang dengan tangan terbuka,” ujar Mulyadi.

Pemerintah Aceh kata Mulyadi, berharap agar promosi Sabang sebagai tujuan wisata dunia dapat pula menegaskan betapa suksesnya perdamaian yang telah terajut di Aceh selama 12 tahun terakhir ini. “Langkah sukses ini diharapkan bisa mendukung meningkatnya arus investasi ke Aceh serta meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, sehingga percepatan pembangunan dapat kita capai,” lanjutnya lagi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menghadiri jamuan makan malam penyambutan Sabang Sail 2017 bersama sejumlah Menteri di Pendopo Wali Kota Sabang, Jumat 1 Desember 2017.

Di antara para menteri yang hadir yaitu Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Selain itu juga hadir Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud, Wali Kota Sabang, para unsur Forkopimda serta sejumlah tamu lainnya.

Seusai jamuan makan malam, juga dilakukan penganugerahan tanda penghargaan Dharma Pertahanan kepada Gubernur Aceh yang diwakili oleh Wakil Gubernur. Penganugerahan tersebut dilakukan oleh Sekjen Kenterian Pertahanan RI Marsekal Madya TNI Hadian  Sumintaatmadja. Penghargaan Dharma Pertahanan juga diberikan kepada sejumlah penerima lainnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MOU antara Pemerintah Kota Sabang dengan Wali Kota Elverum Norwegia.  Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dijadwalkan akan membuka secara resmi acara puncak Sail Sabang tahun 2017 yang dipusatkan di Demaga CT-3 BPKS Sabang, Sabtu (02/12).

JK beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla  dijadwalkan tiba di Bandara Maimun Saleh, Sabang pada pukul 09.00 WIB dengan menggunakan pesawat kepresidenan. Wapres akan disambut oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf beserta Ibu Darwati A Gani serta Anggota Forkompimda Aceh.

“Setelah tiba di Bandara, langsung menuju tempat acara puncak Sail Sabang 2017 berlangsung,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin, Lc, MH.

Mulyadi Nurdin menambahkan, setelah membuka even Sail Sabang, Wapres dijadwalkan akan melakukan peninjauan Kapal Republik Indonesia (KRI) Bima Suci, yang sudah merapat di Dermaga BPKS Sabang sejak Selasa (28/11). “Selain itu pak Wapres juga akan melakukan peninjauan Stand Sabang Wonderful Expo,” lanjut Mulyadi Nurdin.

Selanjutnya kata Mulyadi, pada pukul 13.00 WIB, Wapres beserta Istri menuju Bandara Maimun Saleh, Sabang dan take off menuju Halim Perdanakusuma, Jakarta.(*)

Sumber :Puspen Kemendagri

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Artikel Lainnya :

  1. Bank Sampah Berhasil Kelola 300 Ton Sampah
  2. Sistem Pemilu Terbuka Terbukti Berjalan Baik
  3. Singapura Kuasai Investasi Jabar
  4. Perpres No. 60/2013 Tentang PAUD HI akan di Revisi
  5. Pasca Enam Bulan Penyerangan Novel, KPK Berharap Pelaku Segera Ditemukan
<