Seskab: Denmark Tawarkan Teknologi Untuk Pengolahan Sampah

BOGOR, MediaGaruda.Co.Id – Kunjungan Perdana Menteri (PM) Denmark Lars Løkke Rasmussen ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, untuk menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi), menurut Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung merupakan kunjungan pertamanya ke kawasan ASEAN.

“Ini karena Indonesia dipandang sebagai negara terpenting ASEAN,” kata Pramono Anung kepada wartawan usai mendampingi Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Denmark itu, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/11) siang.

Ia menyebutkan, dalam pertemuan tersebut beberapa kerja sama yang telah didorong, di antaranya adalah kerja sama di bidang energi, karena Denmark ini sangat terkenal dengan waste energy-nya, dan juga hampir sekarang electricity untuk kendaraan.

“Mereka itu sudah berkembang dengan sangat baik. Maka Denmark menawarkan teknologi untuk pengolahan sampah,” ungkap Pramono.

Menurut Seskab, persoalan waste energy ini di Indonesia juga sedang ditangani secara serius oleh Presiden Jokowi. Bahkan Indonesia, menurut Seskab, sudah membuat 7 (tujuh) kota untuk pilot project diantaranya adalah Jakarta, Surabaya, Medan, kemudian Solo, Semarang, Bandung, dan sebagainya,.

“Nah intinya adalah kalau ini memang bisa diterapkan, persoalan environment, persoalan lingkungan tertangani, kemudian juga manfaatnya adalah energi sampah atau waste energy ini bisa termanfaatkan secara baik,“ kata Seskab seraya menambahkan  persoalannya memang cost-nya masih agak tinggi dibandingkan energi lainnya.

Seskab menegaskan, ketujuh kota itu sebenarnya sudah siap melaksanakan waste energy, terutama Surabaya dan Bandung. Sedangkan Jakarta juga segera bisa dimulai.

“Daripada sampah kita yang ada di Bantargebang misalnya, itu kan sebenarnya bisa digunakan untuk energi listrik dan teknologinya sangat gampang,” pungkas Pramono.(*)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Artikel Lainnya :

  1. Satu Keluarga Terjebak Banjir di Bandung Akhirnya Diselamatkan
  2. Presiden Minta Kementerian tidak Keluarkan Kebijakan yang Hambat Dunia Usaha
  3. Rayakan Idul Adha di Sukabumi, Presiden Jokowi Pilih Naik Kereta Api
  4. Indonesia dan Nauru Sepakat Kerja Sama Bidang Maritim
  5. Bank Indonesia Ingatkan Pedagang Soal Gesek Ganda Pada Transaksi Non Tunai
<