Gianyar Bali, Puluhan Toko Modern tak Berizin Jadi Sorotan Bupati

GIANYAR, MediaGaruda.Co.Id – Gertakan Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra yang memerintahkan Satpol PP Gianyar menutup puluhan toko modern tak berizin, sepertinya dicueki pengusaha toko modern. Karena setelah temuan adanya pembanguna toko modern di Jalan By Pass Buruan beberapa waktu lalu, kini sebuah toko modern yang sudah selesai pembangunan, juga sudah berdiri di wilayah Bedulu, tepatnya di depan SPBU Bedulu. Hal ini pun dinilai kalangan DPRD Gianyar, lantaran belum adanya satu toko modern tak berizin yang ditutup Satpol PP, sesuai perintah Wabup Gianyar.

Pantauan di lokasi menunjukkan, jika toko modern ini memang sudah cukup siap untuk beroperasi. Sebab, selain papan namanya sudah terpasang, pada bagian dalamnya juga tampak sudah selesai pembangunan. Hanya sampai kemarin belum terisi dengan barang dagangan, termasuk areal parkir yang belum diratakan sepenuhnya. Sedangkan beberapa pekerja tampak tengah melakukan pembersihan pada bagian dalam toko. Namun belum jelas, apakah keberadaan toko modern ini sudah mengantongi izin atau belum.

Terkait dengan hal itu, Ketua Komisi II DPRD Gianyar IB Nyoman Rai menyayangkan adanya toko modern tersebut. Pasalnya, saat ini toko modern yang sudah beroperasi tanpa dilengkapi izin saja sudah mendapatkan sorotan semua pihak.

Atas kondisi itu, dia mensinyalir kenekatan pengusaha tersebut tak lepas dari penertiban yang dilakukan setengah hati. Sebab, jika tindakan tegas berani dilakukan, maka pengusaha toko modern tidak akan berani melabrak aturan yang sudah ada. “Semua toko modern yang tidak memiliki izin, baik yang sudah dibangun dan akan dibangun mesti ditutup. Supaya ada efek jera,” tegasnya.
Apalagi seperti katanya, Wabup Mahayastra sudah dengan tegas memerintahkan intansi terkait untuk menertibkan toko modern yang yang beroperasi tanpa izin. Perintah yang juga menjadi sinyal bahwa Pemkab Gianyar tak akan mengeluarkan izin pada toko modern yang saat ini beroperasi tanpa izin.

“Perintah itu kan sudah jelas. Yang beroperasi tanpa izin harus ditutup. Apalagi yang baru dibangun. Makanya, yang beroperasi tanpa izin itu dulu ditutup. Supaya ada efek jera, termasuk yang nekat membangun,” paparnya.

Jika yang sudah beroperasi tanpa izin tak kunjung mendapatkan tindakan tegas berupa penutupan, malah muncul lagi toko modern lainnya. Oleh karenanya, dia mengharapkan Satpol PP mengambil langkah penutupan pada toko modern tak berizin. “Supaya yang beroperasi tanpa izin belum ditutup, malah muncul lagi yang baru-baru. Apalagi setelah beroperasi baru dilakukan penertiban,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Satpol PP Gianyar Cokorda Gde Agusnawa memastikan bakal segera melakukan terhadap toko modern yang beroperasi tanpa izin, apalagi yang baru dibangun tersebut. “Terimakasih informasinya, besok (hari ini) kami akan turunkan petugas ke lokasi untuk mengecek perizinannya. Jika memang tak ada izin, saya pastikan akan segera mengambil tindakan tegas,” katanya singkat.(*)

 

 

Bali expres

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Artikel Lainnya :

  1. Indonesia Rebut Juara Pertama ASEAN Cyberkids Camp 2017
  2. Semenanjung Korea Makin Panas, AS dan Korsel Latihan Militer Bersama
  3. Pedagang Bunga Rawa Belong, Banjir Pesanan Bunga Untuk Ahok – Jarot
  4. Zulkifli Hasan : PAN Dukung Penuh Presiden Jokowi
  5. Menko Puan Ajak Masyarakat Desa Lebih Terbuka dengan Perkembangan Zaman
<