” Terungkap ” , PT.Papa Jaya Agung Bertahun-Tahun Tahan Ijasah Buruh

BEKASI, MediaGaruda.co.id –  Aksi demo menyampaikan pendapat dimuka umum yang dilakukan puluhan buruh anggota PUK SP Logam FSPMI PT.Papa Agung Jaya (PAJ) di Jalan Wahab Affan No.8 Km.28 Kelurahan/Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi sejak Senin (29/5) pukul 09.00Wib sampai hampir pukul 17.00Wib sore ini ternyata terus berlangsung.

Bukan hanya itu, upaya mediasi yang ditempuh oleh Kepala Bidang Penyelesaian Perselisihan (Saker) Eman dan Kapolsek Medan Satria Sukadi baru mendapatkan janji, bahwa pihak lowyers PT. PJA pada Selasa (30/5) b esok bersedia bertemu dengan perwakilan buruh FSPMI.

Selain itu dari berbagai orasi dari para buruh PT. PAJ terungkap, bahwa perusahaan ini bertahun-tahun menahan surat ijasah sekolah para pekerjanya.

“Kalau benar bahwa bertahun-tahun perusahaan itu telah menahan ijasah para pekerjanya, maka patut diduga perusahaan ini telah melakukan penggelapan dan dapat dikategorikan sebagai tindakan melanggar pidana, “kata Sarino, Tim Advokasi SP Logam FSPMI Bekasi, Selasa (29/5) sore ini.

Lanjutnya kata Sarino, sesuai ketentuan pasal 155 UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan bahwa sebelum ada putusan penyelesaian hubungan industrial (HI) yang bersifat final.

“Maka tidak ada dasar hukum yang bisa dijadikan alasan, bahwa para pekerja tidak boleh memasuki lokasi tempat kerjanya,”kata Sarino

Sedangkan terkait soal ijasah, Sarino menduga selama ini penahanan ijasah ini sering digunakan sebagai alat penekan alias intimidasi oleh pihak Management PT. PAJ.

“Agar pihak buruh bersedia menerima berbagai kebijakan Management PT.PAJ, walaupun hal itu melanggar undang-undang ketenagakerjaan dan KUHP,”kata Sarino.

Eman Kabid Saker Disnaker Kota Bekasi terkait soal penahanan ijasah itu menambahkan bahwa, Disnaker Kota Bekasi tidak pernah membenarkan dan hal itu melanggar hukum.

“Tindakan PT. Papan Agung Jaya menahan ijasah pekerja tidak dibenarkan oleh Undang-Undang, “kata Eman.

Sedangkan Kapolsek Medan Satria Kompol Sukadi didepan para tokoh SP Logam bahwa dirinya baru mengetahui ada ijasah buruh/pekerja FSPMI PT. PJA yang ditahan pihak Management. (MG/06)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Artikel Lainnya :

  1. Lagi, Terjadi Pelemparan Bom Molotov di Vihara Singkawang
  2. Ahok dihukum 2 tahun penjara
  3. Tjahjo Kumolo: PNS Mengikuti Kegiatan Ormas Anti Pancasila Diminta Mundur
  4. Penggeledahan Rumah Terduga Teroris IM Jadi Perhatian Warga
  5. Pedagang Bunga Rawa Belong, Banjir Pesanan Bunga Untuk Ahok – Jarot
<