Surili Primata Endemik Jabar yang Semakin Langka

BKSD Jabar Sebut Jumlah maskot PON XIX ini populasinya terus berkurang 

 

MediaGaruda.Co.Id– Sepanjang 2012-2015 Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Barat berhasil menyelamatkan belasan ekor primata yang diambil pemburu dari sejumlah kawasan konservasi di Jabar. Hewan-hewan tersebut hendak diperdagangkan oleh para pelaku yang sebagian besar berasal dari Indonesia timur.

Kepala BKSDA Provinsi Jabar Sylvana Ratina mengatakan, para pelaku perburuan primata di Jabar yang berhasil ditangkap ini sudah dijatuhi vonis hukuman. Namun, jumlah primata yang diselamatkan ini diprediksi jauh lebih
sedikit dibanding dengan yang berhasil diburu.

Berita Terkait : Maskot PON XIX Jabar 2016 

Menurutnya, saat ini jumlah primata di Jabar terus berkurang populasinya.”Kami enggak tahu (jumlah perburuan) yang belum diketahui,” kata Sylvana usai menghadiri pelepasan Surili, di salah satu kawasan Cagar Alam di Bandung selatan, Rabu (7/9).

Dia menyebut, jumlah Surili di kawasan konservasi di Jabar hanya sekitar 300-an ekor. Jumlah ini terus berkurang jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai informasi, Surili merupakan salah satu primata endemik Jabar yang populasinya terus berkurang. Karena kekhasannya yang hanya hidup di wilayah Jabar, hewan berukuran sedang inipun dipilih menjadi maskot Pekan Olah raga Nasional (PON) XIX/2016 Jabar.


Penulis : Abdi Kurniawan

Editor : Redaksi

 

 

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Artikel Lainnya :

  1. Tjahjo Ungkap Kenapa UU Pemilu Tak Kunjung Diundangkan
  2. Dibuka Pendaftaran CPNS Putaran Kedua Senin 11 September
  3. SP KEP SPSI Tuntut Buruh Freeport Dipekerjakan Kembali
  4. Anies-Sandi Resmi Pimpin DKI Jakarta 2017-2022
  5. Kebijakan Walkot Tangerang Terkait PPDB Tekankan Faktor Nilai dan Usia Setelah Zonasi
<